Monday, December 3, 2012

SmallTalk


SMALLTALK

 2.1. Sejarah smalltalk
    Smalltalk adalah obyek-oriented, dinamis mengetik, bahasa pemrograman reflektif. Smalltalk diciptakan sebagai bahasa untuk mendukung "dunia baru" komputasi dicontohkan oleh "manusia-komputer simbiosis." Ini dirancang dan dibuat di bagian untuk penggunaan pendidikan,  jadi lebih untuk pembelajaran konstruksionis, di Learning Research Group (LRG) dari Xerox PARC oleh Alan Kay, dan Ingalls, Adele Goldberg, Ted Kaehler, Scott Wallace, dan lain-lain selama tahun 1970-an.

     Bahasa ini pertama kali umumnya dirilis sebagai Smalltalk-80. Smalltalk-seperti bahasa dalam melanjutkan pembangunan yang aktif, dan telah mengumpulkan komunitas setia pengguna di sekitar mereka. ANSI Smalltalk diratifikasi pada tahun 1998 dan merupakan versi standar Smalltalk.
Ada sejumlah besar varian Smalltalk. Smalltalk sering digunakan untuk menunjukkan Smalltalk-80 bahasa, versi pertama yang akan dibuat tersedia untuk umum dan dibuat pada tahun 1980.
     Smalltalk adalah hasil penelitian yang dipimpin oleh Alan Kay di Xerox Palo Alto Research Center (PARC), Alan Kay dirancang sebagian besar versi Smalltalk awal, yang diimplementasikan Dan Ingalls. Versi pertama, yang dikenal sebagai Smalltalk-71, diciptakan oleh Ingalls di beberapa  pada bertaruh bahwa sebuah bahasa pemrograman berdasarkan ide pesan lewat terinspirasi oleh Simula dapat diterapkan dalam Sebuah "halaman kode." kemudian varian benar-benar digunakan untuk pekerjaan penelitian yang sekarang dikenal sebagai Smalltalk-72 dan mempengaruhi perkembangan model Aktor. Sintaks dan model eksekusi sangat berbeda dari varian Smalltalk modern.
     Setelah revisi yang signifikan yang membeku beberapa aspek semantik eksekusi untuk mendapatkan kinerja (dengan mengadopsi Simula-seperti kelas model warisan eksekusi), Smalltalk-76 telah dibuat. Sistem ini memiliki lingkungan pengembangan yang menampilkan sebagian besar alat seperti sekarang , termasuk browser perpustakaan kelas kode / editor. Smalltalk-80 menambahkan metaclasses, untuk membantu menjaga "semua adalah obyek" (kecuali variabel misalnya swasta) paradigma dengan menghubungkan sifat dan perilaku dengan kelas individu, dan bahkan primitif seperti integer (misalnya, untuk mendukung berbagai cara membuat contoh).

    Smalltalk-80 adalah varian bahasa pertama dibuat di luar yang tersedia dari PARC, pertama sebagai Smalltalk-80 Versi 1, diberikan kepada sejumlah kecil perusahaan (Hewlett-Packard, Apple Computer, Tektronix, dan DEC) dan perguruan tinggi (UC Berkeley) untuk " peer review "dan implementasi pada platform mereka. Kemudian (pada tahun 1983) implementasi ketersediaan umum, yang dikenal sebagai Smalltalk-80 Versi 2, dirilis sebagai gambar (platform-independen file dengan definisi objek) dan spesifikasi mesin virtual. ANSI Smalltalk telah menjadi referensi bahasa baku sejak tahun 1998.
     Dua dari varian Smalltalk saat ini populer implementasi adalah keturunan dari orang-orang Smalltalk-80 asli. Squeak adalah sebuah implementasi open source yang berasal dari Smalltalk-80 Versi 1 dengan cara Apple Smalltalk. VisualWorks berasal dari Smalltalk-80 versi 2 dengan cara Smalltalk-80 dan 2,5 ObjectWorks (baik produk ParcPlace Systems, Xerox PARC spin-off perusahaan yang dibentuk untuk membawa Smalltalk ke pasar). Sebagai link menarik antara generasi, pada tahun 2002 Vassili Bykov diimplementasikan Hobbes, mesin virtual yang berjalan Smalltalk-80 dalam VisualWorks. (Dan Ingalls Hobbes kemudian porting ke Squeak.)

     Selama akhir 1980-an sampai pertengahan 1990-an, lingkungan-termasuk Smalltalk dukungan, pelatihan dan add-ons-yang dijual oleh dua organisasi yang bersaing: ParcPlace Sistem dan Digitalk, baik berbasis California. Sistem ParcPlace cenderung fokus pada pasar Microsystems Unix / Sun, sementara Digitalk difokuskan pada Intel berbasis PC yang menjalankan Microsoft Windows atau IBM OS / 2. Kedua perusahaan berjuang untuk mengambil utama Smalltalk karena kebutuhan substansial Smalltalk memori, terbatas run-time performance, dan kurangnya konektivitas awal didukung untuk SQL server berbasis database relasional. Sementara harga tinggi ParcPlace Smalltalk terbatas penetrasi pasar untuk organisasi komersial menengah dan besar, produk Digitalk awalnya mencoba untuk menjangkau khalayak yang lebih luas dengan harga yang lebih rendah. IBM awalnya mendukung produk Digitalk, tapi kemudian memasuki pasar dengan produk Smalltalk pada tahun 1995 VisualAge bernama / Smalltalk. Kuda-kuda diperkenalkan Enfin saat ini pada Windows dan OS / 2. Enfin menjadi jauh lebih populer di Eropa, seperti IBM memperkenalkan ke toko TI sebelum perkembangan mereka dari IBM Smalltalk (kemudian VisualAge). Enfin kemudian diakuisisi oleh Cincom Sistem, dan sekarang dijual dengan nama ObjectStudio, dan merupakan bagian dari suite produk Smalltalk Cincom.

    Pada tahun 1995, ParcPlace dan Digitalk bergabung ke ParcPlace-Digitalk dan kemudian namanya pada tahun 1997 sebagai ObjectShare, terletak di Irvine, CA. ObjectShare (NASDAQ: OBJS) yang diperdagangkan secara publik sampai tahun 1999, ketika delisting dan dibubarkan. Perusahaan gabungan tidak pernah berhasil menemukan suatu respon yang efektif ke Jawa untuk posisi pasar, dan pada tahun 1997 pemiliknya sedang mencari untuk menjual bisnis. Pada tahun 1999, Seagull Software mengakuisisi Java ObjectShare pengembangan laboratorium (termasuk Smalltalk asli / V dan Visual Smalltalk tim pengembangan), dan masih memiliki VisualSmalltalk, walaupun hak distribusi di seluruh dunia untuk produk Smalltalk tetap dengan ObjectShare yang kemudian menjualnya kepada Cincom.  VisualWorks dijual kepada Cincom dan sekarang merupakan bagian dari Cincom Smalltalk. Cincom telah didukung Smalltalk kuat, merilis versi baru beberapa VisualWorks dan ObjectStudio setiap tahun sejak tahun 1999.

     IBM memiliki 'akhir life'd VisualAge Smalltalk memiliki pada akhir tahun 1990 memutuskanuntuk kembali dan Jawa itu, seperti tahun 2006 , didukung oleh instantiations, Inc  yang telahberganti nama menjadi produk VA Smalltalk dan baru dirilis beberapa versi. Pelaksanaan mencicitterbuka memiliki komunitas aktif pengembang, termasuk banyak dari masyarakat Smalltalk asli, danbaru-baru ini telah digunakan untuk menyediakan lingkungan Etoys pada proyek OLPC, sebuahtoolkit untuk mengembangkan aplikasi kolaboratif Croquet Proyek, dan aplikasi dunia mayaTerbuka Cobalt . GNU Smalltalk adalah implementasi perangkat lunak bebas turunan dariSmalltalk-80 dari proyek GNU. Terakhir but not least Pharo Smalltalk (sebuah garpu dari mencicitberorientasi pada penelitian dan digunakan dalam lingkungan komersial) sebuah MIT baru danbersih berlisensi Smalltalk open source yang membawa ide-ide segar dan bunga ke pasar Smalltalkdan adegan.

    Sebuah perkembangan yang signifikan, yang telah menyebar di semua lingkungan Smalltalksaat ini, adalah meningkatnya penggunaan dua kerangka web, Seaside dan AIDA / Web, untuk menyederhanakan pembangunan aplikasi web yang rumit. Seaside telah melihat minat pasar yang cukup besar dengan Cincom, batu permata, dan instantiations menggabungkan dan memperluas.

1 comments:

Abram Prima said...

thanks infonya sob... salam gundar :D

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes