Saturday, October 26, 2013

ARTI PENTING ORGANISASI BERMASYARAKAT

ARTI PENTING ORGANISASI BERMASYARAKAT
Resume:
Organisasi ialah sekumpulan orang dua atau lebih yang berkumpul dan bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan.
Di dalam berorganisasi harus memiliki prinsip yaitu :
  1.   Organisasi tersebut harus memiliki tujuan yang cukup jelas,karena ketika kita hendak      membuat suatu organisasi hal pertama yang terpikir adalah tujuan mengapa kita  melakaukan kegiatan tersebut.
  2.   Yang ke dua adalah pemimpin yang bijaksana. Hal ini cukup penting sebab tanpa adanya  pemimpin maka organisasi tersebut tidak ada yang mengatur kendali dan menyebabkan  suatu kegiatan yanga dilakukan dapat terhenti.
  3.    Adanya pembagian kerja, jika sudah ada seorang pemimpin maka yang selanjutnya  adalah pembagian kegiatan , karena jika suatu kegiatan tersebut hanya di lakukan oleh  seorang ssaja maka kegiatan tersebut tidak akan berjala dengan lancar.
  4.   Organisasi harus memiliki tanggung jawab, hal ini tidak kalah penting dari perinsip-  prinsip di atas sebab tanpa ada nya suatu tanggung jawab yang di pegang oleh masing-  masing anggota maka tujuan yang ingin di capai tidak akan berhasil untuk di jalankan.

Organissasi  di bedakan menjadi dua macam yaitu  :
  1.     . Organisasi Formal.

Ialah organisasi yang terbentuk secara terorganisir dan melalui tahapan-tahapan yang sistematis dan untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Contohnnya : pembentukan organisasi PBB, pembentukan OSIS, dan lain sebagainya.

   2       Organisasai informal.

Ialah organisasi yang terbentuk karena adanya faktor ketidak sengajaan dalam mencapai suatu tujuan.
Contohnya : kelompok belajar, dll.

        Apakah peranpenting organisasi dalam masyarakat?, organisasi memiliki peran penting dalam masyarakat karena organisasi dapat mengajak masyarakat utuk untuk aktif dalam kehidupannya, organisasi juga dapat menambah wawasan kita sebagai masyarakat, menambah jalin hubungan antara satu dengan yang lainnya, dan dapat menyelesaikan suatu permasalahan secara bersama-sama. 

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes