Wednesday, November 27, 2013

PROSES YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM ORGANISASI

PROSES YANG MEMPENGARUHI  PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM ORGANISASI


Resume :

Keputusan adalah suatu reaksi terhadap beberapa solusi alternatif yang dilakukan secara sadar dengan cara menganalisa kemungkinan - kemungkinan dari alternatif tersebut bersama konsekuensinya.Setiap keputusan akan membuat pilihan terakhir, dapat berupa tindakan atau opini.
Pengambilan keputusan adalah tindakan pemilihan alternatif. Hal ini berkaian dengan fungsi manajemen.

Tahapan-Tahapan Pengambilan Keputusan :

1.       Identifikasi Masalah.
Sebelum kita melakukan pengambilan keputusan , kita harus memahami ,mengetahui, dari masalah yang ada atau masalah yang akan di bahas.

2.      Pengumpulan dan Menganalisis Masalah.
Setelah itu, kita kumpulkan masalah dan menganalisis satu persatu masalah nya mulai dari sebab dari masalah itu terjadi, sampai akibat yang akan di timbulkan kedepannya.

3.      Pembuat Alternatif-Alternatif Kebijakan.
Setelah kita melakukan pengumpulan dan menganalisis dari masalah itu, maka kita harus membuat beberapa keputusan untuk penyelesaian masalah itu sendiri.

4.      Pemilihan Salahsatu Alternatif Kebijakan.
Setelah kita mendapatkan banyak keputusan yang akan di ambil, maka kita ambil kembali/kita seleksi keputusan yang lebih cocok/lebih tepat utuk di ambil.

5.      Pelaksanaan Keputusan.
Setelah mengambil satu keputusan yang tepat , maka langkah terakhir adalah melaksanakan atau menerapkan dalam pelaksanaannya.


Faktor yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan :

1.      Tekanan dari luar.
Kadang pembuat keputusan ragu-ragu dalam menentukan, namun adanya pengaruh tekanan dari luar dapat mempercepat keputusan yang diambil. Hal ini dikarenakan tidak adnaya ketegasan dari pemimpin organisasi dalam penyelesaian masalah.

2.      Kebiasaan Lama.
Faktor sifat yang baik maupun tidak baik yang ada dalam diri seorang pembuat keputusan, merupakan hal yang dapat mempengaruhi keputusannya tersebut .

3.      Kelompok Lain.
Kelompok lain juga dapat mempengaruhi suatu keputusan dikarenakan kelompok atau organisasi tersebut mempunyai keputusan yang dapat dipertimbangkan oleh pemimpin organisasi lain dalam menyikapi masalah dan pengaruh kelompok lain ini juga dapat menjatuhkan organisasi serta mementingkan kepentingan kelompok tersebut.

4.      Pengalaman.

Faktor pengalaman seorang pembuat keputusan adalah hal yang sangat penting, karena banyaknya pengalaman orang tersebut maka ia akan berani dalam menentukan keputusan. Hal ini juga berkaitan terhadap keahlian yang dimiliki oleh pemimpin atau anggota karena pengalaman yang pernah dialaminya.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes