PROSES YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM ORGANISASI
Resume :
Keputusan
adalah suatu reaksi terhadap beberapa solusi alternatif yang dilakukan secara
sadar dengan cara menganalisa kemungkinan - kemungkinan dari alternatif
tersebut bersama konsekuensinya.Setiap keputusan akan membuat pilihan terakhir,
dapat berupa tindakan atau opini.
Pengambilan
keputusan adalah tindakan pemilihan alternatif. Hal ini berkaian dengan fungsi
manajemen.
Tahapan-Tahapan
Pengambilan Keputusan :
1. Identifikasi Masalah.
Sebelum kita
melakukan pengambilan keputusan , kita harus memahami ,mengetahui, dari masalah
yang ada atau masalah yang akan di bahas.
2. Pengumpulan dan Menganalisis Masalah.
Setelah itu,
kita kumpulkan masalah dan menganalisis satu persatu masalah nya mulai dari
sebab dari masalah itu terjadi, sampai akibat yang akan di timbulkan
kedepannya.
3. Pembuat Alternatif-Alternatif Kebijakan.
Setelah kita
melakukan pengumpulan dan menganalisis dari masalah itu, maka kita harus
membuat beberapa keputusan untuk penyelesaian masalah itu sendiri.
4. Pemilihan Salahsatu Alternatif Kebijakan.
Setelah kita
mendapatkan banyak keputusan yang akan di ambil, maka kita ambil kembali/kita
seleksi keputusan yang lebih cocok/lebih tepat utuk di ambil.
5. Pelaksanaan Keputusan.
Setelah mengambil
satu keputusan yang tepat , maka langkah terakhir adalah melaksanakan atau
menerapkan dalam pelaksanaannya.
Faktor
yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan :
1. Tekanan dari luar.
Kadang pembuat
keputusan ragu-ragu dalam menentukan, namun adanya pengaruh tekanan dari luar
dapat mempercepat keputusan yang diambil. Hal ini dikarenakan tidak adnaya
ketegasan dari pemimpin organisasi dalam penyelesaian masalah.
2. Kebiasaan Lama.
Faktor sifat
yang baik maupun tidak baik yang ada dalam diri seorang pembuat keputusan,
merupakan hal yang dapat mempengaruhi keputusannya tersebut .
3. Kelompok Lain.
Kelompok lain juga dapat
mempengaruhi suatu keputusan dikarenakan kelompok atau organisasi tersebut
mempunyai keputusan yang dapat dipertimbangkan oleh pemimpin organisasi lain
dalam menyikapi masalah dan pengaruh kelompok lain ini juga dapat menjatuhkan
organisasi serta mementingkan kepentingan kelompok tersebut.
4. Pengalaman.
Faktor pengalaman seorang
pembuat keputusan adalah hal yang sangat penting, karena banyaknya pengalaman
orang tersebut maka ia akan berani dalam menentukan keputusan. Hal ini juga
berkaitan terhadap keahlian yang dimiliki oleh pemimpin atau anggota karena
pengalaman yang pernah dialaminya.
0 comments:
Post a Comment